Header Ads

Ridwan Kamil Puji Kinerja Agung Budi Santoso



Di luar dugaan, Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil (RK) memuji kepiawaian Agung Budi Santoso Anggota DPR RI Fraksi Demokrat dalam program blusukannya. ABS–begitu biasa Agung Budi Santoso disapa, dipuji RK lantaran kerap turun ke masyarakat membawa program Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau dikenal dengan bedah rumah. Terbukti, dari tahun 2012 hingga 2018 sudah 1.745 rumah yang dibedah di 11 kecematan dan 36 kekurahan di Kota Bandung. “Saya tidak melihat partainya tapi orangnya. Kalau semua anggota dewan seperti pak Agung Indonesia pasti sejahtera,” ujar RK dalam ceremony, simbolis penyerahan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni Kota Bandung tahun 2018 dan unit hunian rusunawa untuk veteran RI di Balaikota Bandung yany disambut tepuk tangan hangat hadirin yang hadir pada, Selasa (28/8/2018). Pada kesempatan itu juga, RK mengkampanyekan ABS di hadapan hadirin yang hadir para anggota veteran. “Pak Agung itu orang yang baik. Nah nanti di 2019 ada wajah pak Agung coblos kumisnya,” kata RK sembari bercanda. Menurut RK, kebanyakan caleg berbuat jika ada kepentingan jeleng pemilu. “Jadi saya minta Pak Agung terus berbuat tidak hanya jelang pemilu,” pinta RK.

Sumber : RK Puji Kinerja ABS


Pada kesempatan ini Pidato sambutannya, berikut isi Pidato Bapak Agung Budi Santoso (ABS) Komisi V Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Dapil Jawa Barat 1 (Kota Bandung dan Kota Cimahi)

Pidato sambutan Penyerahan Buku Tabungan BSPS

Assalamualaikum WarohmatullahiWabarokatuh,
Selamat pagidan 
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Sampurasun...

Yang Kami Hormati :
1.   Panitia Penyelenggara Penyerahaan Buku Tabungan BSPS, Ir. H. Iming Ahmad, MSi, MH
2.   Bapak Walikota Bandung Ridwal Kamil  Gubernur Jawa Barat terpilih (2018-2023)
3.   Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR atau yang mewakili
4.   Yang kami banggakan Bapak-Bapak Veteran Republik Indonesia, dan
5.   Warga Kota Bandung sebagai penerima manfaat BSPS yang kami cintai.

Para Hadirin Yang Saya Hormati

Program BSPS ini menitikberatkan bahwa pemberdayaan dalam rumah swadaya bukan hanya diterjemahkan sebagai partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan fisik rumah, namun pemberdayaan dianggap sebagai proses mendudukkan masyarakat sesuai kapasitas yang dimiliki, sehingga warga dapat menyadari dan memahami tujuan yang ingin dicapai melalui program pembangunan tersebut.
Perlu kita ketahui pula bahwa pembangunan rumah berbasis masyarakat bukan project, namun merupakan program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan merupakan bantuan stimulan (rangsangan) sehingga perlu keswadayaan dari masyarakat karena apabila hanya mengandalkan jumlah bantuan dari pemerintah saja tidak akan mencukupi.

Hadirin Yang Saya Hormati

Program BSPS sejalan dengan keinginan Partai Demokrat yang sangat terbuka dan transparan. Program BSPS ini sangat membantu mereka yang berpenghasilan rendah (MBR) apalagi  mereka yang semakin sulit mempunyai rumah layak huni.

Program ini tidak dipungut biaya sepeserpun sehingga masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati apabila ada yang meminta pungutan biaya dan kita harapkan agar pada penyelesaiannya pun dapat tercapai sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan.
Selain itu, ditekankan juga bahwa bantuan yang diterima tidak dalam bentuk uang, melainkan bahan bangunan sesuai dengan Daftar Rancangan Pembelanjaan Bahan Bangunan yang sudah dibuat dan diketahui oleh penerima bantuan sebelum menarik dana bantuan dari rekening bantuan, sehingga Bapak/Ibu harus betul-betul memanfaatkannya sebaik mungkin dan melaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan agar dapat mengendalikan pengunaan dana BSPS, sebagai syarat penarikan tabungan oleh penerima bantuan.
Efek positif lainnya adalah terdapat pembelajaran dalam program BSPS ini, dimana masyarakat berinteraksi secara lansung melalui proses perbankan dimana pencairan dilakukan langsung lewat rekening bank. Sehingga kedepannya dapat terwujudkerjasama antara bank yang ditunjuk dapat berlanjut keproses kebiasaan menabung dimasyarakat, yang pada akhirnya menjadi pelopor perubahan struktur sosial, perilaku masyarakat dan kualitas hidup. 
Hadirin yang berbahagia,
Kita harapkan terhadap warga masyarakat yang mendapatkan bantuan ini harus pandai-pandai bersyukur karena telah mendapatkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya. Selain itu, kami berharap kepada Bapak/Ibu sekalian berterima kasih kepada semua Pihak yang turut berpartisipasi sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik, anatara lain, kepada:
1.    Anggota Komisi V DPR RI, 
2.   Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan-Kementerian PUPR dan jajarannya;
3.   Dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung dengan jajarannya.
4.   Tenaga Fasilitator Lokal/Konsultan Managemen, BKM, Lurah, Camat, dan
5.   Lebih khusus lagi yakni kepada Tim ABS, serta 
6.   semua pihak yang telah membantu terwujudnya program BSPS ini.

ParaHadirin Yang Berbahagia

Selamat kepada Bapak/Ibu Penerima Buku Tabungan BSPS, semoga rumah penerima BSPS mendapatkanrumah yang layak huni,sehingga rumahyang kita tinggali dapat dijadikan tempat pembinaanterhadap keluargadan semua anggota keluarga dapat tinggal lebih nyaman, anak-anak juga bisa belajar lebih tenang dan aman serta menjalani kehidupan lebih sehat,Aamin.
Begitu pula kepada Bapak/Ibu Veteran Penerima Buku Tabungan untuk Rutilahu dari Program Pemerintah Kota dengan Pembiayaan dari DAK, semoga rumah-rumah kita yang telah dibedah akan lebih terasakarena telah memenuhi standarrumah layak huni. 
Kami sebagai generasi penerus bangsa melalui Komisi V DPR dan Rumah Aspirasi  sangat bersyukur atas Anugerah Allah swt kepada Bapak/Ibu Veteran RI.

Akhirnya semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT melimpahkan rahmat, karunia dan Ridho-Nya kepada kita semua dalam acara Penyerahan Buku Tabungan BSPS  dan DAK di Kota Bandung ini,Aamin.



Wassalamu’alaikum wr.wb
Jakarta, 28Agustus2018



H. Agung Budi Santoso (A-414)
Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jawa Barat I
(Kota Bandung dan Kota Cimahi)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.